7+ Langkah Menulis dengan Metode Bola Salju

7+ Langkah Menulis dengan Metode Bola Salju

Mencari metode menulis yang terbaik adalah usaha seseorang agar tetap produktif. Menulis mengikuti alur memang nyaman bagi beberapa orang. Namun menulis dengan kerangka adalah bentuk keseriusan. Untuk itu saya mempersembahkan artikel ini untuk kalian semua. Kali ini saya akan menjelaskan metode bola salju yang bisa kalian coba.

Langkah 1

Belajarlah menulis singkat. Jangan bertele-tele. Tuliskan ceritamu dalam satu kalimat.

Langkah 2

Kembangkan alur cerita dari awal hingga akhir dalam satu paragraf. Satu paragraf umumnya terdiri dari 5-6 kalimat.

Langkah 3

Dua langkah sebelunya fokus pada alur cerita. Sedangkan langkah ketiga adalah membuat karakter dalam satu paragraf. Pastikan paragraf itu mencakup,nama tokoh, deskripsi, motifasi, tujuan, konflik. Buatlah satu paragraf untuk setiap karakter.

Langkah 4

Kembangkan satu kalimat pada langkah 2 menjadi satu paragraf. Dengan demikian kalian sudah memiliki sinopsis cerita secara keseluruhan.

Langkah 5

Kembangkan langkah 3 menjadi satu halaman. Untuk tokoh sampingan cukup setengah halaman saja. Cerita dari sudut tokoh itu sendiri. Buatlah mereka menjadi tokoh yang penting walaupun mereka bukan tokoh utama cerita kalian.

Langkah 6

Kembangkan langkah 4 menjadi empat halaman cerita. Jika kalian menemukan ceritanya kurang pas. Ulangi saja langkah 4.

Langkah 7

Ini saatnya kalian untuk mengembangkan langkah 5 menjadi secara lebih lengkap. Mungkin cerita mereka tidak masuk kedalah cerita secara utuh. Namun untuk menghidupkan sutau karakter di butuhkan usaha yang ekstra. Bahkan kalian bisa mengguna kisahnya untuk side story kedepannya.

Langkah 8

Pada langkah ini kalian harus memilah cerita menjadi draf adegan. Tentukan dari sudut pandang mana adegan itu diceritakan. Meskipun kalian menggnakan SP3 Maha Tahu sekalipun, mata narator sebaiknya fokus di atas satu tokoh.

Langkah 9

Kembangkan setiap draf adegan menjadi sebuah cerita. Kalian bisa menambah adegan jika di rasa itu perlu untuk dituliskan.

Langkah 10

Draf sudah selesai, kini terserah kalian. Mau menyempurnakannya atau kembali ke langkah 1.

Penutup

Metode terbaik adalah metode yang bisa kalian laksakanan saat itu juga. Jadi mengikuti langkah-langkah di atas adalah sebuah pilihan. Tidak ada kebenaran mutlak dalam berkarya. Namun proses tidak pernah mengkhianati sebuah hasil. Tetaplah berkarya.

You cannot copy content of this page