7+ Tips Menulis untuk Pemula

Menulis adalah kegiatan yang positif serta memberikan manfaat secara ilmiah. Ten Lite Novel yang awalnya adalah nama pena kini mulai membangun sarana untuk belajar menulis. Tips yang paling mendasar dalam belajar menulis adalah “memulainya”. Penulis handal adalah mereka yang menghargai sebuah proses. Namun jangan terlena pada proses, karena ada goal yang harus si penulis capai. Ketika sobat sudah memulainya, marilah kita melanjutkannya untuk meningkatkan kemampuan merangkai kata. Mari ikuti tips menulis ini hingga tetes terakhir XD

Rajin Membaca

Banggalah pada para penulis pendahulu. Mereka telah menemukan berbagai macam teknik penulisan sebelum kalian. Jadi yang kalian lakukan hanyalah rajin membaca dan menemukan referensi yang paling tepat. Analogikan saja kalian ingin kuliah kedokteran. Hal yang harus kalian dalami dan baca jelaskan buku kedokteran. Menulis juga demikian. Kalian cukup mencari referensi yang paling tepat untuk didalami.

Menulis Caption Media Sosial

Media sosial adalah sarana terbaik untuk mengekspresikan diri. Kalian bisa mengawali dengan menulis di Twitter dimana platform hanya terbatas untuk 280 karakter. Kalau di Instagram maksimalnya 800 karakter, tapi kalian harus posting beserta gambar. Mulailah dari Twitter. Belajarlah menulis untuk poin-poin penting saja. Jangan terjebak dengan tulisan yang bertele-tele demi supaya terlihat banyak. Hal itu bisa membuat pembaca bosan dan enggan melajutkan membaca.

Menulis Untuk Diri Sendiri

Sebagai pemula hendaknya kalian menulis untuk diri kalian sendiri. Seperti halnya yang saya tulisan sebelumnya, yaitu hargailah proses. Menulis adalah sarana untuk mengekspresikan diri. Menulislah tanpa mengharap tulisan kalian akan dibaca. Karena motivasi terbaik saat menulis harus datang dari niatan diri sendiri.

Memahami Pembaca

Jadilah pembaca untuk tulisan kalian sendiri. Perasan saat menulis dengan perasaan saat membaca itu berbeda. Kalian akan menikmatinya saat menulis. Namun bisa jadi kalian tidak menikmatinya saat membaca. Jangan khawatir, itu adalah bagian dari proses. Dengan puasnya diri sendiri kedepannya kalian bisa coba meminta saran dari pembaca lainnya.

Lakukan Riset

Mau menulis cerita tentang kedokteran, tapi tidak tahu apapun tentang dunia dokter. Kalian tidak perlu menjadi seorang dokter untuk menulis cerita bertema kedokteran. Namun kalian wajib mengerti tentang kedokteran. Caranya adalah riset. Carilah informasi sebanyak-banyaknya untuk memperkuat analisa kalian. Karena setiap tulisan kalian akan dipertanggungjawabkan suatu hari nanti.

Menulis Pengalaman Pribadi

Menulis pengalaman pribadi adalah hal yang paling mudah dilakukan. Namun tidak semua menarik untuk ditulis maupun dibaca. Tetaplah selektif dalam menulis pengalaman pribadi. Tuliskan kejadian-kejadian yang kalian rasa itu unik. Tujuannya untuk membangun kedekatan emosional dari kisah kalian.

Ciptakan Situasi yang Nyaman

Menulis adalah cara untuk menjadi produktif. Agar produktif maka kalian harus menciptakan suasana yang mendukung. Menulis sambil mendengarkan musik. Menulis saat tengah malam. Menulis di cafe. Kalau kalian sendiri merasa nyaman menulisnya seperti apa?

Terus Berkembang

Jangan mudah puas dan teruslah berkembang. Jika kalian sudah terbiasa membuat 1000 kata dalam seminggu, maka cobalah menulis 1500 kata.

Evaluasi Diri

Rajinlan membaca apa yang kalian tuliskan. Perbaiki ayang yang kalian rasa kurang tepat. Semakin lama kalian berproses, semakin baik juga kemampuan kalian. Coba membuta tulisan lama dan mengevaluasinya.

Penutup,

Hasil tidak akan mengkhianati proses.

You cannot copy content of this page