7+ Macam Jenis Genre Novel, Penjelasan dan Contohnya

Berbagai Macam Genre Novel, Penjelasan dan Contohnya

Genre novel terbagi beberapa jenis dan memiliki penggemarnya sendiri. Penulis hendaknya menulis apa yang mereka baca. Oleh sebab itu saya menulis artikel ini. Banyak membaca memang bagus, namun bacaan yang tepat adalah pilihan yang bijaksana. Penulis harus menuliskan apa yang mereka ketahui. Tanpa adanya pengetahuan dan riset, tentu hasilnya kurang maksimal. Sehingga penting untuk memahami berbagai genre novel sebelum membaca kemudian menulisnya.

Macam Genre Novel Berdasarkan Kenyataan Ceritanya

  • Novel Fiksi
    Fiksi merupakan padakan kata dari fiktif yang artinya khayalan. Jadi semua yang dituliskan dalam naskah tidak pernah terjadi di dunia nyata. Bahkan cerita drama juga termasuk fiksi jika tidak diadaptasi dari kisah nyata.
    Contoh: Lord of the Rings, Fire Sermon, The Hobbit.
  • Novel Non Fiksi
    Cerita non fiksi biasanya terinspirasi dari kisah nyata dan itu benar terjadi. Cerita ini biasanya berisi tentang sejarah atau biografi seseorang.
    Contoh: Soe Hok Gie, Catatan Pinggir, Tan Malaka, Sokola Rimba.

Macam Genre Novel Berdasarkan Jenis Ceritanya

  • Novel Romantis / Percintaan
    Novel yang menceritakan tentang kisah cinta dan kasih sayang. Novel bergenre seperti ini banyak menggunakan diksi yang puitis dan indah. Adegan dan dialognya banyak didominasi oleh romantisme. Genre novel ini bisa fiksi ataupun non fiksi.
    Contoh: Tenggelamnya Kapal Van der Wijk, Ayat-Ayat Cinta, Ketika Cinta Bertasbih, Dalam Mihrab Cinta, Cinta Suci Zahrana, Eliana, Istana Kedua, Yang Kedua, Galaksi Kinanthi.
  • Novel Horor
    Novel bergenre seperti ini mengangkat kisah yang mengandung “Teror”. Biasanya novel seperti ini banyak menghadirkan adegan yang penuh rasa “merinding” dan kalimat-kalimat kejutan. Tujuannya agar pembaca merasakan takut.
    Contoh: Bangku Kosong.
  • Novel Misteri
    Genre yang satu ini sering disalah artikan dan disamakan dengan horor. Padahal keduanya sangat berbeda dalam penyajiannya. Genre ini menyajikan cerita tentang kasus dan kejanggalan yang terselubung serta penyelesaiannya. Biasanya novel bergenre seperti ini menggunakan adegan yang penuh trik dan alur yang twist.
    Contoh: Sherlock Holmes.
  • Novel Humor
    Novel bergenre seperti ini menitik beratkan pada kisah yang konyol, membuat geli, dan tentunya mengundang tawa. Bahasa yang digunakan sederhana juga mudah dipahami. Ada yang menggunakan diksi yang indah, ada juga yang menggunakan slang atau bahasa gaul.
    Contoh: Kambing Jantan.
  • Novel Sci-Fi / Fiksi Sains
    Novel dengan genre ini mengangkat tema dunia penuh teknologi tinggi. Bisa juga dikatakan cerita utopia, dunia impian. Latar yang dihadirkan juga penuh dengan konsep teknologi dan ilmu pengetahuan.
    Contoh: Back to The Future.
  • Novel Fiksi /  Fantasi
    Genre yang satu ini paling banyak dipakai di kesusastraan barat, seperti Amerika dan Eropa. Ciri khas dari genre ini terdapat pada ide ceritanya yang mengangkat hal-hal magis, supranatural, surealis namun tetap logis. Bisa dibiang genre ini adalah genre yang mempunyai tingkat imajinasi dan kreativitas yang tinggi.
    Contoh: Harry Potter.
  • Novel Fan-Fic / Fiksi Penggemar
    Genre seperti ini banyak digemari oleh kaum hawa, utamanya remaja. Sebab novel seperti ini mengangkat tentang cerita fantasi seorang idola yang ditulis oleh penggemarnya. Tokoh yang digunakannya bisa tokoh nyata maupun tokoh fiksi yang jadi idolanya.
    Contoh: Four Season’s Tales.
  • Novel Petualangan
    Genre ini menitik beratkan pada alur dan cerita yang berkesinambungan. Adegan dan dialog di dalamnya menerangkan situasi. Sedangkan latar yang tergambar dalam cerita biasanya lebih mendetail. Novel dengan genre seperti ini kebanyakan bercerita tentang sebuah misi, dengan ending cerita yang jelas tetapi penyelesaian yang menggantung.
    Contoh: A Journey to The Centre of The Earth.
  • Novel Sejarah
    Genre ini bisa dibilang genre yang masuk non fiksi, namun ada juga yang masuk area abu-abu (tidak sepenuhnya fiksi atau non fiksi). Ceritanya diangkat dari kisah sejarah, mitos, atau legenda yang pernah ada di tengah-tengah masyarakat. Biasanya dalam bercerita, penulis menambahkan opininya terhadap sejarah tersebut.
    Contoh: Amba, Tetralogi Buru, Trilogi Insiden.
  • Novel Religi
    Cerita dalam genre novel ini bisa dari berbagai genre yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Namun fokus dan tujuan dari novel ini adalah menanamkan nilai-nilai religi.

Macam Genre Novel Berdasarkan Isi dan Tokohnya

  • Novel Teenlit
    Novel ini mengambil cerita tentang kehidupan remaja. Kebanyakan dari genre ini mengangkat kisah persahabatan, percintaan dan cita-cita. Latar yang dipakai kebanyakan adalah sekolah dan kampus.
    Contoh: Dealova.
  • Novel Chicklit
    Novel ini sering disamakan dengan teenlit, padahal berbeda. Chicklit menggunakan cerita bertemakan kehidupan wanita muda dan segala permasalahannya. Latar yang dipakai biasanya adalah kamar tidur, kafe, restoran dan taman.
    Contoh: Nyawa.
  • Novel Metropop
    Novel yang ditulis berdasarkan cerita tentang wanita kosmopolitan yang berkutat dengan perkantoran. Biasanya tokoh di dalamnya mempunyai masalah yang kompleks seputar kehidupan, percintaan, karir dan ambisi.
    Contoh: Perahu Kertas.
  • Novel Songlit
    Novel yang ditulis berdasarkan sebuah lagu. Bisa dikatan bahwa novel ini merupakan pengkisahan dari lirik lagu dan imajinasi penulisnya.
    Contoh: Sebelum Cahaya.
  • Novel Dewasa
    Novel yang bercerita tentang kehidupan orang dewasa. Isu-isu dan tema yang diangkat hanya bisa dipahami oleh orag dewasa. Tentu saja sejak awal memang ditujukan untuk pembaca dewasa.
    Contoh: Ronggeng Dukuh Paruk.

Sumber:
http://baublogging.com/macam-novel/
https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/11/jenis-jenis-novel-dan-contohnya-lengkap.html
http://sfaalvito.blogspot.com/2016/11/jenis-jenis-genre-novel.html
https://bitread.id/blog/2014/09/macam-macam-genre
https://snhralsalsabila.blogspot.com/2017/10/jenis-jenis-genre-yang-belum-pernah.html
https://pasberita.com/jenis-genre-novel/

You cannot copy content of this page