6 Hal Penting Sebelum Menentukan Sudut Pandang

6 Hal Penting Sebelum Menentukan Sudut Pandang

Menentukan sudut pandang merupakan tantangan awal bagi seorang penulis. Sekali anda memilihnya seterusnya tidak boleh berubah. Jangan membuat pembaca bingung dengan cara penulisan yang tidak konsisten. Lebih baik pusing di awal, tapi lancar ketika menuliskan cerita. Saya ada saran untuk memudahkan anda, tapi ingat kalau ini bukan aturan salah dan benar. Untuk memudahkan Sudut Pandang yang akan Anda gunakan, cobalah menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:

Anda butuh menuliskan kisah tokoh penting selain tokoh Utama?

Kadang ada tokoh abu-abu dalam suatu cerita . Tokoh ini bisa jahat, bisa baik. Keberadaannya menjadi penting di akhir cerita. Ada banyak yang harus anda sembunyikan dari tokoh ini. Sebaiknya gunakan POV 3 Maha Tahu. Anda bisa lebih fleksible untuk menutupi tujuan sang tokoh supaya tidak bocor. Dalam POV Mata Tahu juga bisa menceritakan sosok Antagonis.

Ingin membangun kedekatan dengan pembaca?

Untuk membangun kedekatan dengan tokoh novel, POV 3 terbatas dan POV 1 sangat saya rekomendasikan. Kedekatan bisa terbangun melalui apa yang dipikirkan sang tokoh.

Ada tokoh penting selain tokoh utama yang ingin diceritakan?

Tokoh penting ini memiliki jalan berbeda dengan tokoh utama. Namun keberadaannya sangat penting untuk menuntaskan cerita bersama tokoh Utama. Cerita sejenis ini saya sarankan menggunakan POV 3 terbatas. Saran lainnya menggunakan POV Campuran dengan POV 1 pada tokoh utama.

Adapun pertanyaan lain yang mungkin bisa lebih mempermudah anda

Sudut pandang apa yang dirasa paling cocok atau umum dipakai untuk cerita anda?
Sudut pandang mana yang membuat anda nyaman ketika menulis cerita?
Apakah anda sanggup menulis secara unik untuk setiap tokoh?

You cannot copy content of this page